Senin, 02 Desember 2013

Perbedaan antara penjualan dan pendapatan, serta penghasilan

  • Perbedaan antara penjualan dan pendapatan.
Salah satu perbedaan penjualan dan pendapatan didalam perlakuan ilmu akuntansi terletak pada pengunaanya sebagai pengakuan atas terjualnya barang dan jasa.  

Pada umumnya penjualan hanya digunakan perusahaan dagang serta manufaktur untuk mencatat transaksi atas penjualan produk berupa barang saja. Padahal, selain mencatat penjualan barang dagang, makna penjualan itu sendiri juga dapat diartikan dalam kegiatan penjualan berupa produk jasa.

Sedangkan pendapatan, digunakan pada perusahaan jasa karena pendapatan digunakan hanya untuk mencatat penjualan dalam bentuk produk jasa saja, atau penjualan yang tidak berkaitan langsung dengan kegiatan utama perusahaan dalam laporan Laba Rugi-nya.
 

  • Manakah makna yang lebih luas penjualan ataukah pendapatan ?

Kata penjualan dapat diartikan sebagai penjulan kotor barang dagang maupun Jasa. sedangkan Pendapatan berasal dari kata revenue  atau sesuatu yang kita peroleh atau dapatkan dari kelebihan suatu yang kita keluarkan. Misalnya kita menjual barang, maka kelebihan harga penjualan dengan hpp barang tersebut akan menjadi pendapatan bagi kita. Dalam kasus lain menerima sebuah bunga dari pinjaman yang kita berikan, kita juga mencatatnya sebagai sebuah pendapatan karena kita sebelumnya sudah mengeluarkan kas untuk memberikan pinjaman terebut. 

Bahasa gampangnya : dalam penjualan kita belum bisa mengakuinya sebagai pendapatan sebelum dikurangi biaya terkait dalam transaksi penjualan, sedangkan pendapatan sudah pasti diakui sebagai bagian dari hasil penjualan barang maupun jasa. jadi jawabanya adalah penjualan

  


 ============================================================

  • Perbedaan pendapatan dan penghasilan.
Pendapatan berasal dari kata revenue  atau sesuatu yang kita peroleh atau kita dapatkan dari kelebihan suatu yang kita keluarkan. Sedangkan untuk Laba berasal dari kata income atau yang berarti pemasukkan atau penghasilan. Laba merupakan keseluruhan pendapatan dikurangi biaya-biaya operasional lainnya
Dan untuk pendapatan, kita belum bisa mendapat/mengakui laba (penghasilan) karena belum dikurangi biaya-biaya operasional lainnya. Sedangkan untuk laba (penghasilan), itu sudah pasti merupakan bagian pendapatan bagi kita.


 
Refrensi Lain :

Dalam PSAK 23 (Rev 2009) disebutkan: “Pendapatan adalah penghasilan yang timbul selama dalam aktivitas normal perusahaan”. Pendapatan dikenal dengan bermacam-macam sebutan yang berbeda seperti: penjualan, penghasilan jasa (fees), bunga, dividen dan royalti.

Translate