Rabu, 02 Oktober 2019

Bahagia itu sangat dekat bagi orang bersyukur

Kebahagiaan itu sebenarnya bukan sesuatu hal yang sulit untuk dicari, rasa kebahagian itu ada pada diri kita masing-masing. Namun banyak diantara kita yang sulit menjumpainya, hal ini terjadi manakala kita selalu melihat orang lain lebih bahagia, pada kenyataannya kebetulan orang lain itu malah berfikir sama seperti anda, ia menilai engkaulah orang yang paling bahagia.

Ketahuilah rasa kebahagian itu bisa timbul dari hati yang ikhlas sabar dan beryukur. Mari sejenak kita pahami Al Qur'an surah Ibrahim ayat 7

Wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`ing kafartum inna 'ażābī lasyadīd

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Kenapa masih ragu untuk bersyukur ? Allah telah berfirman pada ayat tersebut dan janji Allah itu pasti. Ketika rasa sedih menghampiri dihati tentang nikmat-nimat Allah yang diberikan kepada orang lain, maka bersegralah untuk selalu beryukur.

Saudaraku, mari lihat dari sudut pandang lain tentang nikmat dirimu yang telah Allah anugerakan, belum tentu nikmat itu ada pada orang lain. Ketika jiwa ini dapat berfikir serta melihat anugerah tiap-tiap nikmat Allah kepada kita, maka kelak kita mudah menjadi manusia yang ahli beryukur dan rasa kebahagiapun pasti selalu menghiasi kehidupan ini.


Fuad Rahardi, 03 Oktober 2019

Tidak ada komentar:

Translate