Sabtu, 05 Oktober 2019

Muliakanlah Paraulama

“Para ulama adalah pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham (harta). Mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambilnya sungguh dia telah mengambil bagian yang banyak (menguntungkan).” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Abu Dawud)

Penjelasan dari hadits diatas, Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwasanya ulama adalah pewaris para nabi. Sebagai manusia yang beriman kepada Allah (tuhan yang tidak beranak dan diperankan) selama masih hidup didunia kita diharuskan untuk terus belajar mendalami ajaran agama Islam agar kelak dapat selamat dari sesuatu yang menyesatkan dan juga mendapatkan keberuntungan kehidupan didunia dan akhirat. Maka dari itu ketika seseorang menuntut ilmu agama Islam diwajibkan berguru atau mengikuti para ulama yang benar-benar mejalankan agama Islam sesuai Al Qur'an dan sunah, karena merekalah para pewaris ilmu para nabi yang sesungguhnya.

Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (Al-Hajj: 32)

Menghormati dan memuliakan para ulama termasuk suatu perilaku yang baik sebab hal itu menandakan adanya ketaqwaan hati bagi seorang muslimin. Para ulama memiliki banyak sekali pengetahuan tentang ilmu ilmu agama yang dengan senang hati selalu mereka syiarkan kepada insan, agar kita mendapatkan kepahaman ilmu yang diajarkannya tentulah sebagai penuntut ilmu kita harus menghormati serta memuliakan mereka. Ibnu Mas’ud z mengatakan bahwa Rasulullah n bersabda:

“Tidak boleh ada hasad (berkeinginan mendapatkan) kecuali terhadap dua golongan: orang yang Allah l limpahkan harta kepadanya lalu dia belanjakan di jalan yang benar, serta orang yang Allah l karuniakan hikmah (ilmu) lalu dia tunaikan (amalkan) dan ajarkan.” (Muttafaqun ‘alaih)

Sayang sekali jika mendengar berita disuatu negeri terdapat banyak ulama ulama yang didiskriminasi oleh penguasa negerinya sendiri, demi kepentingan kekuasaan. nauzu billahi min zalik. Semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka semua. Penulis secara pribadi mengajak agar kita sebagai umat muslimin untuk memuliakan para ulama sebagai pewaris para nabi serta terus belajar mendalami syiar syiar agama (ilmu agama). Semoga kita dapat melanjutkan syiar syiar yang mereka ajarkan kepada generasi selanjutnya dan semoga Allah memberikan selalu rahmat dan hidayahnya kepada kita. Aamminn

By Fuad rahardi , 5 Oktober 2019

Tidak ada komentar:

Translate