Kamis, 10 Oktober 2019

Hikmah Sering Mengingat Kematian

Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, (Al Mulk : 1)

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (Al Mulk : 2)

Mengingat kematian merupakan suatu pemutus angan angan dunia, menyadarkan manusia yang beriman tentang tujuan hidup sebenarnya.

Tak ada manusia hidup didunia ini yang abadi, harta benda yang diupayakan kelak ditinggalkan, kekuasaan yang dulu dipertahankan kelakkan dilepaskan.

Selagi masih ada waktu singgah didunia, mau digunakan untuk apa sisa umur ini ? Apakah ingin terus panjang angan-angan, beregois diri, bersombong diri ? atau menuliskan history amal terbaik di tempat persinggahan ini (dunia) yang kelak nanti dibawa pulang dan menjadi berita bahagia dikampung halaman akhirat.

Bukankah mau bila diri ini disambut para penghuni surga dan para malaikat dengan kerinduan mereka yang penuh dengan kasih sayangnya, menjumpai nabi Muhammad Saw serta melihat pencipta alam semesta Allah SWT. Atau malah sebaliknya, Dirindukan Neraka?

Oleh karena itu marilah untuk sering sering mengingat kematian. Bayangkan jika saat ini sholat, doa, sedekah, kebajikan, kebaikan dan amal-amal sholeh yang dikerjakan adalah sesuatu yang terakhir kalinya dikerjakan lalu setelah itu diri ini akan wafat, tentu kita akan melakukannya dengan sebaik mungkin.

By Fuad Rahardi

Tidak ada komentar:

Translate