Rabu, 02 Oktober 2019

Orang Beriman Harus Memeriksa Kebenaran Berita

“Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al-Hujuraat [49]: 6)

Dapat dipahami kandungan dari Al Qur'an surat Al Hujaraat ayat 6 bahwa berita dusta sudah ada sejak zaman para nabi,  sebagai manusia yang beriman kepada Allah hendaklah kita mengikuti seruan Rab kita, Raja manusia, Raja dari segala raja, bahwa Islam telah mengajarkan kepada kita untuk menjadi manusia yang cerdas.

Berita kebohongan atau saat ini dikenal dengan berita hoax adalah suatu senjata paling berbahaya, mengancam suatu kaum/ negeri / bangsa bahkan Lebih bahaya dari boom pemusnah masal. Berita hoax tersebut dapat dijadikan kendaraan bagi perbuatan fitnah untuk menghantam targetnya, dampak buruk dari hal ini diantaranya perang saudara, membenci suatu golongan, perperangan saudara, sebangsa dan antar negara.

Kita hidup dimana banyak sekali berita bohong beredar, diera digital inilah berita dusta itu berkembang bagaikan jamur. Pentingnya pendekatan  pengetahuan agama islam bagi mereka yang muslim untuk mengambil sikap cerdas.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tegas mengatakan,

كَفَى بِالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

“Cukuplah seseorang dikatakan sebagai pendusta apabila dia mengatakan semua yang didengar.” (HR. Muslim)

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah berkata yang baik atau diam.” (HR. Bukhari no. 6018 dan Muslim no. 74)

Hadits diatas menyeru kepada kita untuk berkata yang baik. Bukankah menyebarkan berita yang tidak kita ketahui kebenaranya sama saja dengan berdusta ? Bukankah dusta dapat menimbulkan fitnah? Maka dari itu marilah kita menjadi manusia yang cerdas menjalani kehidupan dunia dengan mengikuti perintah Rab kita. Allah hu'alam


By Fuad rahardi, 02 Oktober 2019

Tidak ada komentar:

Translate