Kamis, 31 Oktober 2019

Marah adalah Perangai Orang Bodoh

Seluruh manusia pasti pernah merasakan rasa marah didalam hidupnya. Marah merupakan suatu respon perasaan manusia yang muncul dengan spontan dari rasa ketidaksukaan terhadap sesuatu, baik yang disembunyikan dalam hati maupun diutarakan secara halus sampai dengan secara terang-terangan. Perasaan marah pada manusia memiliki masa waktu yang berbeda-beda, ada yang hanya merasakannya sebentar dan adapula yang merasakannya dengan waktu cukup lama.

Perasaan marah bukanlah suatu hal yang tidak berdampak apa-apa bagi manusia, rasa marah memiliki dampak yang sangat erat kaitanya terhadap prilaku manusia itu sendiri. Perasaan marah juga sangat berkaitan dengan indikasi tingkat kesabaran dan keikhlasan sesorang terhadap sesuatu yang ia hadapai.

Apabila perasaan seorang telah diselimuti rasa marah tak jarang akal dan fikiran tidak dapat berjalan secara sempurna, akal dan fikiran merupakan suatu anugrah Dari Allah SWT yang berfungi sebagai sensor pengendali prilaku manusia untuk dapat membedakan antara hal yang baik dengan yang tidak baik. ketika sensor ini tidak dapat bekerja dengan baik maka sensor tersebut akan mati, hal inilah yang menyebakan manusia dapat berprilaku tak terkendali layaknya Perangai orang orang Bodoh yang sedang kehilangan jati diri sebagai insan yang berakal.

Hasil puncak perasaan marah tanpa disadari umumnya menimbulkan sikap zholim prilaku seperti mengeluarkan kata2 kebencian, kekesalan, meremehkan, perasaan paling benar, kesombongan diri, kekerasan dsb

Tidak ada komentar:

Translate